Pentingnya Menjaga Kesehatan Reproduksi

MENJAGA KESEHATAN REPRODUKSI

MENJAGA KESEHATAN REPRODUKSI – Menjaga kebersihan organ intim merupakan salah satu hal yang penting untuk dilakukan oleh pria maupun wanita. Bagi pria, menjaga kesehatan sistem reproduksi sangat penting untuk menunjang keberhasilan dalam proses pembuahan. Sistem reproduksi pria yang sehat akan memungkinkan sperma untuk melakukan pembuahan dengan sempurna. Menjaga kesehatan sistem reproduksi pria bisa dimulai dengan merawat kebersihan organ intim bagian luar dengan benar, rutin berolahraga dan menerapkan gaya hidup sehat. Pola makan dengan gizi seimbang harus dijaga supaya kesehatan sistem reproduksi tidak mengalami gangguan. Lalu nutrisi apa saja yang diperlukan oleh pria untuk menunjang kesehatan sistem reproduksi? Berikut ini daftar nutrisi yang dibutuhkan oleh pria untuk menjaga kesehatan organ reproduksi.

Vitamin C

Manfaat vitamin C bagi wanita yaitu untuk menjaga sistem kekebalan tubuh, meningkatkan kesuburan, menjaga keseimbangan sistem hormonal dan membantu dalam proses penyerapan zat besi. Sedangkan bagi pria, vitamin C dibutuhkan untuk menjaga sistem imun, meningkatkan kesuburan dan mencegah terjadinya penggumpalan sperma, untuk memperbaiki jaringan tubuh terutama penis, mencegah terjadinya ejakulasi dini, disfungsi ereksi atau permasalahan seksual lainnya. Vitamin C berperan dalam meningkatkan kualitas sperma. Vitamin C bisa diperoleh dari buah-buahan dan sayuran.

Vitamin E

Vitamin E berperan sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas sehingga akan mencegah terjadinya kerusakan pada DNA sperma. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin E, Anda bisa memperolahnya dari makanan seperti sayuran berwarna hijau tua, biji-bijian, hati dan kecambah.

Vitamin B

Vitamin B12 dibutuhkan oleh pria untuk menambah dan meningkatkan kualitas sperma. Selain itu, jenis vitamin B yang lainnya seperti asam folat dibutuhkan untuk membantu proses konsepsi (penyatuan sel sperma dan sel telur). Vitamin B bisa diperolah dari sumber makanan seperti ikan, susu, hati, brokoli, pisang, beras merah dan telur.

Zat besi

Zat besi dibutuhkan oleh pria dan wanita untuk menjaga sistem sirkulasi darah yang mendukung keseimbangan sistem hormonal di dalam tubuh. Selain itu, zat besi juga berperan dalam menjaga kualitas sperma. Disarankan bagi pria untuk mencukupi kebutuhan zat besi yang bisa diperoleh dari sumber makanan seperti bayam, daging merah dan hati.

Zinc

Nutrisi lain yang tak kalah pentingnya bagi kesehatan reproduksi pria yaitu zinc. Nutrisi jenis ini dibutuhkan oleh pria untuk meningkatkan produksi sperma dan libido. Sumber makanan yang mengandung zinc yaitu daging merah, sayuran berwarna hijau, gandum, kerang-kerangan dan beras merah.

Selenium

Selenium merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhan pria untuk menjaga serta meningkatkan kualitas sperma dan kesuburan. Selain itu, selenium bisa berperan sebagai antioksidan yang berguna untuk mencegah terjadinya oksidasi pada sel sperma. Penuhi kebutuhan selenium dengan mengkonsumsi makanan laut, daging merah dan hati.

Kalsium

Untuk menjaga sistem reproduksi supaya tetap sehat, pria membutuhkan asupan kalsium setiap harinya. Kalsium dibutuhkan untuk menjaga kualitas sperma dan meningkatkan kesuburan sistem reproduksi pria.

 

#menjaga kesehatan, kesehatan reproduksi, cara menjaga kesehatan, menjaga organ intim, inti pria, intim wanita, gimana cara menjaga kesehatan reproduksi,

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *